Forum Komunikasi Aktivis Masjid (FKAM)


Bismillahirahmanirrahim

Dengan menyebut Asma Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang


“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia kecuali agar mereka menyembah-Ku (Adz-dzariyat : 56)


“Sesungguhnya bumi diwariskan untuk hamba-hamba-Ku yang shalih” (Al-Anbiya’ : 105)


Bahwa bumi dan seluruh alam semesta adalah ciptaan Allah yang diwariskan kepada hamba-hamba-Nya yang shalih, yaitu hamba-hamba-Nya yang selalu menjadikan kehidupannya hanyalah untuk tunduk dan beribadah kepada-Nya serta menegakkan syi’ar-syi’ar dan panji-panji Islam.

Kepada hamba-hamba yang shalih inilah Allah memberikan amanah untuk mengatur, menjaga dan memelihara alam semesta agar terhindar dari kerusakan-kerusakan yang ditimbulkan oleh orang-orang yang dhalim.

Namun kenyataannya manusia yang sadar akan amanah yang diberikan oleh Allah amatlah sedikit di bandingkan orang-orang yang suka berbuat kerusakan, kehancuran, penindasan dan pengrusakan.

Dengan latar belakang itulah, didirikan Forum Komunikasi Aktivis Masjid (FKAM) guna menampung dan mengembangkan potensi umat Islam, menyemarakkan syi’ar dakwah, menjalin nilai-nilai ukhuwah untuk maju bersama umat menegakkan kalimah Allah di muka bumi.


SEJARAH BERDIRINYA

FORUM KOMUNIKASI AKTIVIS MASJID (FKAM)


Badai krisis melanda bumi Indonesia seiring dengan euforia reformasi. Berawal dari krisis ekonomi yang memporak-porandakan perekonomian Bangsa Indonesi, melebar menjadi krisis kepercayaan, krisis politik dan berubah menjadi kristal (krisis total) baik dalam moral maupun material.

Tentu hal ini yang paling menderita adalah ummat Islam, karena ummat Islam merupakan ummat mayoritas di negeri ini yang secara ekonomi, sosial, politik, mereka adalah ummat yang termarjinalkan.

Melihat kondisi seperti inilah akhirnya dibentuk suatu forum yang kita kenal sekarang ini, yaitu Forum Komunikasi Aktivis Masjid (FKAM). Awalnya forum ini berusaha untuk membantu umat Islam di tengah-tengah hantaman krisis yang mereka hadapi. Mula-mula ruang gerak forum adalah membagikan sembako dari masjid ke masjid yang akhirnya melebar menggalang ukhuwah Islamiyah di tengah-tengah kondisi ummat Islam menjadi sasaran pembantaian seperti kasus Banyuwangi, Ketapang, Kupang sampai kasus Ambon.

Alhamdulillah, sambutan masyarakat begitu besar terhadap forum ini. Terbukti dengan dipercayanya Ketua Umum FKAM M. Kalono untuk memfasilitasi dan sekaligus menjadi Ketua Umum penyelenggaraan Apel Siaga Umat Islam se-Eks Karesidenan Surakarta pada bulan November 1998 yang dihadiri tidak kurang dari 70.000 ummat Islam.

Mengapa forum ini dipercaya untuk menampilkan ketuanya memfasilitasi dan sekaligus menjadi Ketua Umum dalam acara yang begitu besar dan melibatkan hampir semua unsur ummat Islam se-eks Karesidenan Surakarta? Tidak lain karena forum ini tidak berafiliasi ke dalam suatu partai politik tertentu. Dengan kata lain forum ini bersifat independen. Dengan catatan mereka adalah ummat Islam yang beraqidah ahlus sunnah wal jama’ah tanpa membedakan asal usul partai politik, organisasi atau lembaga tempat dimana mereka berada.

Ternyata perkembangan forum semakin menggembirakan dan mulai dikenal oleh masyarakat luas dengan berbagai kegiatan-kegiatan yang diadakan sesuai dengan visi dan misinya sampai saat ini.

Di tetapkan di : Surakarta

Pada tanggal : 20 Dzulqo’dah 1422 Hijriyah / 5 Februari 2002


Pengurus Pusat

Forum Komunikasi Aktivis Masjid (PP FKAM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar